KONSEP PASAR
FAKTOR PRODUKSI
Pasar
faktor produksi adalah tempat bertemunya permintaan dan penawaran terhadap
faktor produksi. Faktor produksi adalah segala sesuatu yang dibutuhkan oleh
produsen sebagai input untuk memproduksi barang siap pakai. Dalam upaya
mencapai laba maksimum atau kerugian minimum, jumlah output yang diproduksi dan
tingkat harga yang ditetapkan tergantung pada posisi perusahaan dalam pasar.
Tetapi perusahaan hanya akan mencapai kondisi optimum bila alokasi penggunaan faktor
produksi (input) juga efisien.
1.
Perbedaan Pasar
Faktor Produksi dan Pasar Barang Konsumsi
2.
Penawaran Faktor Produksi
Penawaran
faktor produksi adalah jumlah faktor produksi yang tersedia dipasar pada waktu
tertentu. Contoh, tanah diperkotaan saat ini sangat mahal dan dipedesaan masih
relatif murah. Faktor produksi yang paling dekat dengan kehidupan kita adalah
tenaga kerja, Penawaran tenaga kerja dipasar persaingan sempurna berhubungan
positif dengan tingkat upah. Jika upah meningkat, maka penawaran tenaga kerja
bertambah.
3.
Permintaan Faktor Produksi
Sebelum
perusahaan memproduksi barang, perusahaan terlebih dahulu mengamati keadaan
dipasar. Tujuannya adalah sebagi berikut.
a.
Menentukan
pilihan barangapa yang akan diproduksi yang sesuai dengan keinginan konsumen.
b.
Menentukan
berapa jumlah barang yang akan diproduksi agar dapat menghasilkan keuntungan
yang maksimum.
Selanjutnya perusahaan menentukan kombinasi faktor
produksi yang akan digunakan untuk memproduksi barang tersebut dengan sebaik-baiknya
agar menghasilkan biaya yang minimum. Penetuan kombinasi faktor produksi tersebut
berarti menentukan berapa jumlah modal, tenaga kerja, dan faktor produksi
lainnya dengan pertimbangan sebagai berikut.
a.
Berapa Harga
Faktor produksi ditentukan
b.
Kondisi yang
harus dipenuhi agar faktor produksi yang digunakan dapat menghasilkan keuntungan
maksimum dalam kegiatan produksi yaitu
harga satu unit tambahan faktor produksi sama dengan tambahan penerimaan yang diciptakan
oleh penggunaan faktor produksi tersebut
4.
Peranan Analisis Permintaan terhadap Faktor Produksi
Ada
dua alasan bagi perusahaan untuk menganalisis permintaan terhadap factor
produksi. Pertama, hasil analisis dapat digunakan sebagai dasar untuk
mengalokasikan penggunaan faktor produksi secara efesien. Kedua, hasil analisis
akan menjelaskan bagaimana pendapatan berbagai faktor produksi ditentukan.
0 komentar:
Posting Komentar