Rabu, 19 November 2014

Pasar Faktor Produksi

KONSEP PASAR FAKTOR PRODUKSI

Pasar faktor produksi adalah tempat bertemunya permintaan dan penawaran terhadap faktor produksi. Faktor produksi adalah segala sesuatu yang dibutuhkan oleh produsen sebagai input untuk memproduksi barang siap pakai. Dalam upaya mencapai laba maksimum atau kerugian minimum, jumlah output yang diproduksi dan tingkat harga yang ditetapkan tergantung pada posisi perusahaan dalam pasar. Tetapi perusahaan hanya akan mencapai kondisi optimum bila alokasi penggunaan faktor produksi (input) juga efisien.

1.      Perbedaan Pasar Faktor Produksi dan Pasar Barang Konsumsi

2.      Penawaran Faktor Produksi
Penawaran faktor produksi adalah jumlah faktor produksi yang tersedia dipasar pada waktu tertentu. Contoh, tanah diperkotaan saat ini sangat mahal dan dipedesaan masih relatif murah. Faktor produksi yang paling dekat dengan kehidupan kita adalah tenaga kerja, Penawaran tenaga kerja dipasar persaingan sempurna berhubungan positif dengan tingkat upah. Jika upah meningkat, maka penawaran tenaga kerja bertambah.
3.      Permintaan Faktor Produksi
Sebelum perusahaan memproduksi barang, perusahaan terlebih dahulu mengamati keadaan dipasar. Tujuannya adalah sebagi berikut.
a.       Menentukan pilihan barangapa yang akan diproduksi yang sesuai dengan keinginan konsumen.
b.      Menentukan berapa jumlah barang yang akan diproduksi agar dapat menghasilkan keuntungan yang maksimum.
Selanjutnya perusahaan menentukan kombinasi faktor produksi yang akan digunakan untuk memproduksi barang tersebut dengan sebaik-baiknya agar menghasilkan biaya yang minimum. Penetuan kombinasi faktor produksi tersebut berarti menentukan berapa jumlah modal, tenaga kerja, dan faktor produksi lainnya dengan pertimbangan sebagai berikut.
a.       Berapa Harga Faktor produksi ditentukan
b.      Kondisi yang harus dipenuhi agar faktor produksi yang digunakan dapat menghasilkan keuntungan maksimum dalam kegiatan produksi          yaitu harga satu unit tambahan faktor produksi sama dengan tambahan penerimaan yang diciptakan oleh penggunaan faktor produksi tersebut

4.      Peranan Analisis Permintaan terhadap Faktor Produksi

Ada dua alasan bagi perusahaan untuk menganalisis permintaan terhadap factor produksi. Pertama, hasil analisis dapat digunakan sebagai dasar untuk mengalokasikan penggunaan faktor produksi secara efesien. Kedua, hasil analisis akan menjelaskan bagaimana pendapatan berbagai faktor produksi ditentukan.

0 komentar:

Posting Komentar