Kamis, 07 Mei 2015

Laporan Hasil Audit Manajemen

Jakarta, 07 Mei 2015

No          : 001/ABC/V/2015
Lapiran : -
Perihal : Laporan Hasil Audit Manajemen

Kepada
Yth, Manajer PT XXX
Di Cileungsi

Kami telah melakukan audit atas Manajemen Kualitas ISO 9001 paada PT XXX periode 2015. Audit ini tidak dimaksudkan untuk memberikan pendapat atas kewajaran laporan keuangan pada PT XXX. Audit ini dimaksudkan untuk menilai kinerja manajemen atas kualitas sistem yang sudah mendapatkan predikat ISO 9001. Audit ini mencakup seluruh manajemen yang berkaitan dengan sistem kualitas mutu ISO 9001, pengelolaan kualitas sistem mutu yang dilakukan dan memberikan saran perbaikan atas kelemahan sistem kualitas mutu manajemen yang ditemukan selama audit, sehingga diharapkan di masa yang akan datang dapat dicapai perbaikan atas kekurangan tersebut dan perusahaan dapat beroperasi lebih ekonomis, efisien, dan lebih efektif dalam mencapai tujuannya.
Hasil audit kami sajikan dalam bentuk laporan audit yang meliputi:
BAB I         : Informasi Latar Belakang
BAB II       : Kesimpulan Audit yang Didukung dengan Temuan Audit
BAB III      : Rekomendasi
BAB IV      : Ruang Lingkup Audit
Dalam melaksanakan audit kami telah memperoleh banyak bantuan, dukungan dan kerja sama dari berbagai pihak baik jajaran direksi maupun staf yang berhubungan dengan pelaksanaan audit. Untuk itu kami mengucapkan terima kasih atas kerja sama yang terjalin dengan baik.


                                                                                                                           Kantor Akuntan Publik
                                                                                                                        Risda Aditya dan Selviana



BAB I
INFORMASI LATAR BELAKANG

PT. XXX berlokasi di Cileungsi, Jawa Barat, didirikan tanggal 10 Januari. Tujuan didirikan perusahaan adalah untuk memberikan pengembangan produk berkualitas, pengembangan sumber daya manusia, kepuasan pelanggan dan produk ramah lingkungan, ini akan membawa pertumbuhan yang berkelanjutan dan keuntungan bagi perusahaan serta mengembangkan berfokus pada kepuasan pelanggan dan keunggulan operasional, serta berkontribusi pada kemajuan ekonomi yang berkelanjutan di Indonesia dan masyarakat sekitar.

Susunan direksi perusahaan adalah sebagai berikut:
Dewan Komisaris                              :               XXX
Direktur Utama                                 :               XXX
Wakil Direktur Utama                     :               XXX
Direktur Operasional                      :               XXX
Direktur Keuangan                          :               XXX

Sedangkan tujuan dilakuka audit adalah untuk
1.       Menilai kemampuan perusahaan dalam mengelola sistem manajemen kepastian kualitas berdasarkan ISO 9001:2008.
2.       Memberikan berbagai saran perbaikan atas kelemahan pengelolaan sistem manajemen kepastian kualitas berdasarkan ISO 9001:2008.



BAB II
KESIMPULAN AUDIT

Berdasarkan hasil yang diperoleh selama audit yang kami lakukan, kami dapat menyimpulkan sebagai berikut:

Kondisi:
1.       Prosedur yang dilakukan oleh PT. XXX dalam melaksanakan opersi manajemen keseluruhan sudah baik.
2.       Sistem manajemen kualitas yang dilakukan oleh PT. XXX mencakup implementasi ISO 9001 sudah berjalan sebagaimana mestinya.
3.       Tanggung jawab manajemen yang dilakukan oleh PT. XXX sudah mencakup komitmen manajemen, fokus pada pelanggan, kebijakan kualitas, perencanaan, tanggung jawab wewenang dan komunikasi, dan tinjauan manajemen.
4.       Manajemen sumber daya sudah mencakup ketersediaan sumber daya, sumber daya manusia, infrasturktur serta lingkungan kerja.
5.       Realisasi produk sudah mencakup perencanaan realisasi produk, proses yang berhubungan dengan pelanggan, desain dan pengembangan, pembelian, serta produksi dan penyediaan jasa.
6.       Perusahaan sudah merencanakan dan menerapkan proses pengukuran, analisis dan peningkatan.




BAB III
REKOMENDASI

Hasil audit yang dilakukan menemukan bahwa seluruh manajemen yang mencakup sistem kepastian kualitas berjalan dengan baik.
Atas keseluruhan manajemen yang telah di audit, maka diberikan rekomendasi sebagai penunjangan untuk tetap mempertahankan kinerja perusahaan yang akan datang.

Rekomendasi:
1.       Meningkatkan kualitas seluruh produk yang telah ada agar pelanggan tetap memilih produk yang dibuat oleh perusahaan.
2.       Meningkatkan kinerja manajemen agar mendapatkan hasil yang lebih baik untuk masa depan.

Keputusan untuk melakukan rekomendasi ini sepenuhnya ada pada manajemen.


  

BAB IV
RUANG LINGKUP AUDIT

Sesuai dengan penugasan yang kami terima, audit yang kami lakukan hanya meliputi masalah Sistem Manajemen Kualitas pada PT. XXX untuk periode 2015. Audit ini mencakup seluruh penilaian atas kegiatan manajemen yang berkaitan dengan sistem kualias mutu ISO 9001:2008 itu sendiri.


0 komentar:

Posting Komentar